Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pasca Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8427Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektivitas pembelajaran tatap muka berbatas pasca pandemi Covid-19 di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Adapun fokus pembahasan menganalisa efektivitas pembelajaran tatap muka berbatas pasca pandemi Covid-19 dari aspek perencanaan,pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif analitis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, yaitu; (1) Pembelajaran tatap muka terbatas di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi melibatkan guru, orang tua dan siswa dalam merencanakan, pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Mengadopsi atau menjadikan referensi dan mempublikasikan dokumen rencana dan jadwal pembelajaran yang dipublikasikan pada portal Guru Belajar atau belajar.id; (2) PTMT di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi mulai tanggal 1 September 2021 berdasarkan Surat Keputusan Bersama 4 menteri, dengan mematuhi prosedur kesehatan pencegahan Covid-19. Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi menggunakan metode pembelajaran kombinasi antara Daring dan Luring, platform digital yang digunakan Google Classroom, WhatsApp, Telegram, dan Youtube. Pembelajaran tatap muka terbatas di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi berdurasi 30 menit dengan pengurangan jumlah siswa 50% menjadi 355 orang; (3) Berupaya melakukan evaluasi atau refleksi dan perbaikan pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 pada lingkup kelas/mata pelajaran.Downloads
Published
2022-11-06
How to Cite
Rusda, R., Amini, A., & Elfrianto, E. (2022). Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pasca Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1637–1649. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8427
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rusda, Amini, Elfrianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).