Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Minat Belajar Siswa di Kelas V SD Negeri 091522 Marubun

Authors

  • Ria Anjelina Manurung Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Lisbet Novianti Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Eva Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8422

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pola asuh orangtua terhadap minat belajar siswa di kelas V SD Negeri 091522 Marubun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berjenis korelasi dengan menggunakan sampel jenuh, dimana jumlah populasi sebanyak 53 siswa di kelas V SD Negeri 091522 Marubun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan jenis tertutup yang disusun secara terstruktur serta diikuti dengan kolom pertanyaan dan jawaban yang terdiri dari empat pilihan jawaban. Adapun analisis yang digunakan terhadap data dalam  penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji korelasi regresi sederhana, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinan, uji (t) dan uji F. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dalam penelitian ini, maka hasil penelitian atau temuan dalam penelitian ini adalah pola asuh orangtua berpengaruh terhadap minat belajar siswa yang diketahui melalui uji (t) dengan jumlah thitung 0,487. Selanjutnya hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pola asuh orangtua terhadap minat belajar siswa di kelas V SD Negeri 091522 Marubun yang diperoleh melalui uji F dengan nilai fhitung 12,162. Adapun jumlah pengaruh yang diberikan variabel bebas pola asuh orangtua terhadap variabel terikat minat belajar siswa adalah 0,193.

Downloads

Published

2022-11-06

How to Cite

Manurung, R. A. ., Sihombing, L. N. ., & Pasaribu, E. . (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Minat Belajar Siswa di Kelas V SD Negeri 091522 Marubun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1602–1611. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8422

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2