Pengaruh Media Pembelajaran Pencak Silat Teknik Tendangan Sabit Berbasis Internet di SMK Texar Klari Karawang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8381Abstract
Pembelajaran penjas terutama pembelajaran pencaksilat dalam hal ini perlu pembaharuan metode dalam meningkatkan hasil pembelajaran untuk menguji pengaruh pengaruh media pembelajaran pencak silat teknik tendangan sabit berbasis internet di smk texar klari karawang. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Dengan 10 kali pertemuan 2 kali diantaranya pretest dan posttest untuk mengukur tes awal dan tes akhir. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI RPL 1 dengan jumlah sampel 42 orang menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran pencak silat teknik tendangan sabit berbasis internet di smk texar klari karawang berhasil mengalami peningkatan dengan t-hitung yang dihasilkan adalah 11,334 dan t-tabel 2,021 dengan nilai sig(2-tailed) sebesar 0,000. Hasil tersebut menunjukan bahwa nilai t-hitung > t-tabel dan probabilitas signifikan kurang dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang nyata antara hasil media pembelajaran pencak silat teknik tendangan sabit berbasis internet di smk texar klari karawang pada selisish rata-rata prestes dan posttest yakni 20 dapat diketahui peningkatan persentase dengan selisih rata-rata dibagi rata-rata pretest dikali 100% yakni sebesar 68,7%. Sehingga media pembelajaran berbasis internet berdampak yang signifikan terhadap kemampuan teknik tendangan sabit pada siswa SMK Texar Klari Karawang.Downloads
Published
2022-11-05
How to Cite
Julianto, W. ., Chaerul, A. ., & Sumarno, A. . (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Pencak Silat Teknik Tendangan Sabit Berbasis Internet di SMK Texar Klari Karawang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1378–1385. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8381
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Warnadi Julianto, Andrie ChaerulA, rdawi Sumarno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).