Pengaruh Media Puzzle terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III Subtema 3 di UPTD SD Negeri 122371 Pematang Siantar

Authors

  • Epiphanias Citra Fensi Marpaung Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Lisbet Novianti Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Eva Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8314

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media Puzzle terhadap prestasi belajar siswa Kelas III UPTD SD Negeri 122371 Kota Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen dengan memberikan pree test dan post tes kepada siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas III A dan III B di UPTD SD Negeri 122371 yang berjumlah 36 siswa. Dimana Kelas III A sebagai kelas Eksperimen yang menggunakan media Puzzle dan kelas III B sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran. Adapun pengolahan data diperoleh melalui program aplikasi SPSS statistic21.0 dan aplikasi Microsoft Excel. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh hasil uji t dimana t hitung < t tabel yaitu 1,7 > 1,009 dengan perhitungan taraf signifikan (2- tailed) = 0,0005 <0,05. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima, jadi terdapat pengaruh media Puzzle terhadap hasil belajar siswa..

Downloads

Published

2022-11-04

How to Cite

Marpaung, E. C. F. ., Sihombing, L. N. ., & Pasaribu, E. . (2022). Pengaruh Media Puzzle terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III Subtema 3 di UPTD SD Negeri 122371 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1032–1042. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8314

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2