Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada Pembelajaran Subtema Rukun dalam Perbedaan di SD Negeri 121308 Pematang Siantar

Authors

  • Cindy SanazTasya Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Nancy Angelia Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Canni Loren Sianturi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8313

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan saintifik berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VI pada pembelajaran subtema rukun dalam perbedaan di SD Negeri 121308 Pematang Siantar atau tidak. Ada 2 hipotesis pada penelitian ini, (1) Ada pengaruh yang signifikan melalui penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 121308 Pematang Siantar (Ha diterima) dan (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan melalui penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 121308 Pematang Siantar (H0 diterima). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design yang menggunakan desain One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 121308 Pematang Siantar yang berjumlah 30 orang. Populasi tersebut dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes dan observasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskripitif dan inferensial. Berdasarkan hasil data diketahui bahwa hasil thitung sebesar 18,89 dan ttabel 1,699 dengan taraf signifikan 0.05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas VI pada pembelajaran subtema rukun dalam perbedaan di SD Negeri 121308 Pematang Siantar. Ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak.

Downloads

Published

2022-11-04

How to Cite

Pasaribu, C. S. ., Purba, N. A. ., & Sianturi, C. L. . (2022). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada Pembelajaran Subtema Rukun dalam Perbedaan di SD Negeri 121308 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1021–1031. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8313

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3