Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Paradigma Karya Syahid Muhammad dan Relevansinya Sebagai Pembelajaran Sastra di SMA

Authors

  • Ayu Ning Maqdis Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Tika Santika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sahlan Mujtaba Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8260

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik novel Paradigma karya Syahid Muhammad, (2) konflik batin tokoh utama dalam novel Paradigma karya Syahid Muhammad, (3) mendeskripsikan pemanfaataanya sebagai bahan ajar bahasa indonesia pada kelas XII Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis, yaitu menyajikan faktar-fakta dalam bentuk deskripsi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Kurt Lewin dengan pendekatan psikologi sastra. subjek dalam penelitian ini adalah novel Paradigma karya Syahid Muhammad, objek penelitian ini adalah unsur-unsur intrinsik dan konflik batin tokoh utama dalam novel Paradigma karya Syahid Muhammad. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Unsur  intrinsik novel meliputi tema mental issue; tokoh diantaranya Rana, Anya, Ola; latar terdiri atas latar tempat yang dominan di kampus dan Bandung, latar waktu (pagi, siang, sore, malam), latar sosial (sosial); alur jenis campuran; sudut pandang “dia” maha tahu; bahasa yang meliputi bahasa daerah dan majas personifikasi; amanat kesehatan mental dan berdamai dengan diri sendiri, (2) Konflik batin tokoh utama yang ditemukan, yaitu konflik mendekat-mendekat, menjauh-menjauh, mendekat-menjauh; penyebab konflik batin tokoh utama kekuatan pendorong, kekuatan penghambat, kekuatan kebutuhan pribadi, kekuatan pengharuh, dan kekuatan non manusia, (3) Hasil kajian dijadikan sebagai bahan ajar dalam mata pelajar Bahasa Indonesia tingkat SMA kelas XII sesuai dengan KD 3.9 dan 4.8.

Downloads

Published

2022-11-03

How to Cite

Maqdis, A. N. ., Santika, T. ., & Mujtaba, S. . (2022). Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Paradigma Karya Syahid Muhammad dan Relevansinya Sebagai Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 844–851. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8260

Most read articles by the same author(s)