Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di Kelas VIII SMP Swasta Teladan Pematang Siantar

Authors

  • Lufrensia Nisa Laura Sitinjak Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Suprapto Manurung Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Theresia Monika Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8257

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan hal yang penting dalam pembelajaran matematika, namun kenyataan dilapangan belum sesuai dengan yang diharapkan. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikirkritis matematis siswa di kelas VIII SMP SwastaTeladanPematangsiantar T.A 2022/2023. Penelitain ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dan untuk memperoleh data tentang pengaruh pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan  tes dan uji coba instrumen. Adapun teknik analisis data adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis, hasil dari penelitian ini  berdasarkan analisis data ditemukan bahwa nilai signifikansi 0,732 > 0,01 dan diperoleh thitung > ttabel adalah 2,865 > 2,38801. Karena nilai signifikansi lebih besar dari 0,01 dan thitung > ttabel maka HO dan Ha diterima, Sehingga terdapat perubahan pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa di kelas VIII SMP Swasta Teladan Pematangsiantar T.A 2022/2023. Karena model pembelajaran creative problem solving merupakan salah model pembelajaran yang mengunakan metode diskusi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Maka perubahan kemampuan berpikir kritis matematis siswa terlihat dari siswa semakin aktif dalam pembelajaran saat menyampaikan pendapat mengenai pembelajaran. Siswa mengemukakan gagasan atau ide mengenai pembelajaran yang dilakukan, menjawab dan menyelesaikan permasalahan lebih kritis, sehingga  terbukti penggunaan model pembelajaran sangat mempengaruhi proses pembelajaran. Maka pada penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berfikir kritis matematis siswadi kelas VIII SMP Swasta Teladan Pematangsiantar T.A.2022/2023.

Downloads

Published

2022-11-03

How to Cite

Sitinjak, L. N. L. ., Manurung, S. ., & Siahaan, T. M. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di Kelas VIII SMP Swasta Teladan Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 791–800. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8257

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>