Pengaruh Model Logan Avenue Problem Solving (LAPS) Heuristic Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa di kelas VIII

Authors

  • Susi Parhusip Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Suprapto Manurung Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Theresia Monika Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8254

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 12 Pematangsiantar. Hal ini disebabkan oleh model yang digunakan oleh guru masih belum bervariasi dimana guru hanya menjelaskan dan siswa hanya mencatat tanpa melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran. Dalam hal ini peneliti menggunakan model Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dikelas VII SMP Negeri 12 Pematangsiantar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimental design jenis The One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Pematangsiantar T.A 2022/2023 dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-8 SMP Negeri 12 Pematangsiantar T.A 2022/2023. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai pretest 54,40 dan rata-rata nilai posttest 80,20 artinya rata-rata nilai posttest lebih tinggi dari nilai rata-rata pretest. Dari hasil uji hipotesis diperoleh t hitung = 11,841 dan t tabel = 2,756. Sehingga jika dikonsultasikan berdasarkan t tabel dengan taraf signifikansi 0,01 hasil menunjukkan bahwa 2,756<11,841. Artinya t hitung lebih besar dari tabel. Sehingga dapat disimpulkan sangat berpengaruh secara signifikan antara model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dikelas VII SMP Negeri 12 Pematangsiantar T.A 2022/2023. Hal ini juga diperkuat karena model LAPS- Heuristic memiliki kelebihan dan tujuan yang mampu mengajak siswa untuk belajar lebih aktif, dikarenakan mereka fokus pada pemecahan masalah serta siswa mampu untuk mengembangkan dirinya.

Downloads

Published

2022-11-03

How to Cite

Parhusip, S. ., Manurung, S. ., & Siahaan, T. M. . (2022). Pengaruh Model Logan Avenue Problem Solving (LAPS) Heuristic Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa di kelas VIII. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 813–823. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8254