Pengaruh Model Logan Avenue Problem Solving (LAPS) Heuristic Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa di kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8254Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 12 Pematangsiantar. Hal ini disebabkan oleh model yang digunakan oleh guru masih belum bervariasi dimana guru hanya menjelaskan dan siswa hanya mencatat tanpa melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran. Dalam hal ini peneliti menggunakan model Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dikelas VII SMP Negeri 12 Pematangsiantar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimental design jenis The One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Pematangsiantar T.A 2022/2023 dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-8 SMP Negeri 12 Pematangsiantar T.A 2022/2023. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai pretest 54,40 dan rata-rata nilai posttest 80,20 artinya rata-rata nilai posttest lebih tinggi dari nilai rata-rata pretest. Dari hasil uji hipotesis diperoleh t hitung = 11,841 dan t tabel = 2,756. Sehingga jika dikonsultasikan berdasarkan t tabel dengan taraf signifikansi 0,01 hasil menunjukkan bahwa 2,756<11,841. Artinya t hitung lebih besar dari tabel. Sehingga dapat disimpulkan sangat berpengaruh secara signifikan antara model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dikelas VII SMP Negeri 12 Pematangsiantar T.A 2022/2023. Hal ini juga diperkuat karena model LAPS- Heuristic memiliki kelebihan dan tujuan yang mampu mengajak siswa untuk belajar lebih aktif, dikarenakan mereka fokus pada pemecahan masalah serta siswa mampu untuk mengembangkan dirinya.Downloads
Published
2022-11-03
How to Cite
Parhusip, S. ., Manurung, S. ., & Siahaan, T. M. . (2022). Pengaruh Model Logan Avenue Problem Solving (LAPS) Heuristic Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa di kelas VIII. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 813–823. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8254
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Susi Parhusip, Suprapto Manurung, Theresia Monika Siahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).