Persepsi Guru Terhadap Aplikasi E-Raport (Studi Kasus SMP Negeri 1 Kabupaten Gorontalo)

Authors

  • Yinarti Hida IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8153

Abstract

Persepsi guru merupakan tanggapan langsung atau respon langsung dari seorang guru, yang berkaitan dengan hal-hal pendidikan. Setiap individu memiliki persepsi masing-masing terhadap sesuatu hal yang diamati, begitupun guru sebagai tenaga pendidik guru memiliki persepsi terhadap dunia pendidikan mulai dari persepsi terhadap peserta didik maupun terhadap penggunaan aplikasi e-raport. Aplikasi raport digital adalah aplikasi yang mendata nilai raport siswa sesuai kurikulum. Aplikasi e-raport ini digunakan untuk mempermudah pekerjaan guru dalam melaporkan suatu penilaian terhadap hasil belajar peserta didiknya. Oleh karena itu guru berperan penting untuk memasukan nilai peserta didiknya pada aplikasi e-rapor. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru dalam menggunakan aplikasi e-raport di SMP Negeri 1 Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi guru dalam menggunakan aplikasi e-raport di SMP Negeri 1 Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif deskriptif karena menggunakan satu variabel dan tidak membuat perbandingan atau penghubungan dengan variabel yang lain. Alasan peneliti mengambil pendekatan ini untuk mengetahui bagaimana persepsi guru dalam menggunakan aplikasi e-raport yang merupakan satu variabel tanpa menghubungkan atau membandingkan dengan variabel yang lain. Populasi dalam penelitian ini adalah para guru yang menggunakan aplikasi E-raport di SMP Negeri 1 Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 47 orang guru, yang terdiri dari administrator sekolah, guru mata pelajaran, wali kelas dan guru bimbingan konseling. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh bagian dari jumlah populasi yaitu 47 guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum persepsi guru dalam menggunakan aplikasi e-raport yaitu sangat baik, karena menurut guru penggunaan aplikasi e-raport dapat membantu guru dalam proses penginputan nilai hasil belajar sehingga guru merasa terbantu dengan diterapkan disekolah dan dengan rata-rata nilai seluruh indikator adalah 89,75%. Hasil ini dibuktikan berdasarkan perhitungan angket ditiap-tiap indikator dengan menentukan nilai harapan, nilai skor dan menghitungnya menjadi nilai rata-rata.

Downloads

Published

2022-11-01

How to Cite

Hida, Y. . (2022). Persepsi Guru Terhadap Aplikasi E-Raport (Studi Kasus SMP Negeri 1 Kabupaten Gorontalo). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 277–285. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8153