Efektivitas Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Kabupaten Gorontalo)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8082Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar yang dengan sengaja direncanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menggambarkan Efektifitas pengawasan, faktor penghambat dan juga solusi kepala sekolah dalam menanggulangi hambatan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Negeri 1 Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif (descriptive research). Teknik pengumpulan data pada penelitian kualitatif dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data display. Kesimpulan penelitian ini yakni (1)Efektivitas pengawasan kepala sekolah terhadap kinerja dari pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di SMP Negeri 1 Kabupaten Gorontalo belum efektif, (2) Terdapat Factor yang menjadi penghambat, (3) Solusi yang dapat dilakukan dalam menanggulangi hambatan dalam yaitu memberikan motivasi kepada tenaga pendidik dan kependidikan dan juga mengadakan pertemuan atau rapat untuk membahas tentang waktu dalam melakukan proses pengawasan dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan yang ada di sekolah SMP Negeri 1 Kabupaten Gorontalo.Downloads
Published
2022-10-30
How to Cite
Hida, Y. . (2022). Efektivitas Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Kabupaten Gorontalo). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8519–8528. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8082
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yinarti Hida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).