Efektivitas Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Kabupaten Gorontalo)

Authors

  • Yinarti Hida IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8082

Abstract

Pendidikan adalah  usaha sadar yang dengan sengaja direncanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menggambarkan Efektifitas pengawasan, faktor penghambat dan juga solusi kepala sekolah dalam menanggulangi hambatan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Negeri 1 Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif (descriptive research). Teknik pengumpulan data pada penelitian kualitatif dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data display. Kesimpulan penelitian ini yakni (1)Efektivitas pengawasan kepala sekolah terhadap kinerja dari pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di SMP Negeri 1 Kabupaten Gorontalo belum efektif, (2) Terdapat Factor yang menjadi penghambat, (3) Solusi yang dapat dilakukan dalam menanggulangi hambatan dalam yaitu memberikan motivasi kepada tenaga pendidik dan kependidikan dan juga mengadakan pertemuan atau rapat untuk membahas tentang waktu dalam melakukan proses pengawasan dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan  kependidikan yang ada di sekolah SMP Negeri 1 Kabupaten Gorontalo.

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Hida, Y. . (2022). Efektivitas Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Kabupaten Gorontalo). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8519–8528. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8082