Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema I Sumber Energi di Kelas IV SD Negeri 125138 Pematangsiantar

Authors

  • Juita Sidabutar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Rio Parsaoran Napitupulu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Yanti Arasi Sidabutar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8137

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa pada subtema sumber energi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif Quasi Eksperimental Design  dengan tipe pretest-posttest control grup design. Sampel yang pertama berjumlah 29 siswa yang disebut dengan kelas eksperimen, dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning. Sampel kedua berjumlah 27 siswa yang disebut dengan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Instrumen penelitian ini berbentuk tes dengan jumlah soal 25 soal. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dan uji hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa pada subtema sumber energi di kelas IV SD Negeri 125138 Pematangsiantar. Hal ini dibuktikan dari Hasil belajar siswa kelas IV A yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning di kelas eksperimen yang berjumlah 29 siswa, diperoleh nilai rata-rata pada pretest sebesar 55,72 dan posttest sebesar 88,3. Dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning sangatlah baik.

Downloads

Published

2022-11-01

How to Cite

Sidabutar, J. ., Napitupulu, R. P. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema I Sumber Energi di Kelas IV SD Negeri 125138 Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8137