Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema I Sumber Energi di Kelas IV SD Negeri 125138 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8137Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa pada subtema sumber energi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif Quasi Eksperimental Design dengan tipe pretest-posttest control grup design. Sampel yang pertama berjumlah 29 siswa yang disebut dengan kelas eksperimen, dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning. Sampel kedua berjumlah 27 siswa yang disebut dengan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Instrumen penelitian ini berbentuk tes dengan jumlah soal 25 soal. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dan uji hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa pada subtema sumber energi di kelas IV SD Negeri 125138 Pematangsiantar. Hal ini dibuktikan dari Hasil belajar siswa kelas IV A yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning di kelas eksperimen yang berjumlah 29 siswa, diperoleh nilai rata-rata pada pretest sebesar 55,72 dan posttest sebesar 88,3. Dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning sangatlah baik.Downloads
Published
2022-11-01
How to Cite
Sidabutar, J. ., Napitupulu, R. P. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema I Sumber Energi di Kelas IV SD Negeri 125138 Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8137
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Juita Sidabutar, Rio Parsaoran Napitupulu, Yanti Arasi Sidabutar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).