Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Guru Bahasa Indonesia terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMP Negeri 4 Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Putut Sudiyoko Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Farida Nugrahani Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Suwarto Suwarto Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8012

Abstract

Kualitas pendidikan erat kaitannya dengan sumber daya manusia yang dimiliki oleh pendidikan itu sendiri. Dalam konteks ini, guru memegang peranan penting sebagai garda depan proses pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam kegiatan pembelajaran di kelas, motivasi siswa dan kinerja guru harus saling mendukung dan saling terkait. Siswa dan guru harus memainkan perannya masing-masing semaksimal mungkin. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan strategis bagi pembaca khususnya bagi penyelenggara pendidikan di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri untuk meningkatkan mutu sekolah.

Downloads

Published

2022-10-27

How to Cite

Sudiyoko, P. ., Nugrahani, F. ., & Suwarto, S. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Guru Bahasa Indonesia terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMP Negeri 4 Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8224–8239. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8012