Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Video dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun

Authors

  • Martuti Martuti Univet Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Farida Nugrahani Univet Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Mukti Widayati Univet Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7860

Abstract

Penerapan Pendekatan Ilmiah dengan Media Video dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun siswa kelas V SD Negeri Kutolawas. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik dengan media video dalam meningkatkan keterampilan menulis pantun siswa kelas V SD Negeri Kutolawas Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri dan (2) meningkatkan keterampilan menulis pantun melalui penerapan pendekatan saintifik dengan media video siswa kelas V SD Negeri Kutolawas Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini merupakan Penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik dengan media video adalah sebagai berikut: (a) menonton video, (b) mengajukan pertanyaan berbasis video, (c) mengumpulkan informasi berbasis video, (d) berpikir secara mendalam, dan (e) mengkomunikasikan informasi. (2) penerapan pendekatan saintifik dengan media video dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun pada siswa kelas V SD Negeri Kutolawas Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri.

Downloads

Published

2022-10-23

How to Cite

Martuti, M., Nugrahani, F. ., & Widayati, M. . (2022). Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Video dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7157–7165. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7860