Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD

Authors

  • Veria Tika Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Eva Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Mastiur Verawaty Silalahi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7974

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SD Sw. Latihan SPG YP HKBP. Desain penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif jenis penelitian quasi eksperimendengan bentuk non equivalent control group design yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan sampel yang digunakan adalah 48 orang siswa pada Sw. Latihan SPG YP HKBP. Teknik sampel yang digunakan yaitu sampling random dengan dua variabel penelitian yaitu: variabel terikat berupa hasil belajar siswa, serta variabel bebas berupa Model Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes. Hasil pengujian hipotesis menggunakan teknik uji t paired sample t test dengan bantuan program spss versi 24, berdasarkan hasil perhitungan bahwa nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolah dan Ha diterima atau dengan membandingkan t_hitung>t_tabel dengan df = (n-2) yaitu nilai t_hitung= 9,944>t_tabel = 2,013. Dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SD Sw. Latihan SPG YP HKBP.

Downloads

Published

2022-10-26

How to Cite

Sihombing, V. T. ., Pasaribu, E. ., & Silalahi, M. V. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7990–8002. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7974

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2