Reviewing the Education Social Disparities in Indonesia: Sustaining the Future of Education

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7962

Abstract

Indonesia memiliki sejarah kependidikan yang sebelumnya dicontoh oleh negara-negara lain dan dengan perubahan revolusi industrial 4.0 dimana disini menjadikan Indonesia berada di posisi yang tidak memuaskan. Pendidikan di Indonesia membutuhkan system yang sustainable dan berkemajuan mengikuti zaman, namun masih banyak kekurangan dan perbedaan yang signifikan dari banyaknya sekolah yang tersebar di Indonesia. Peranan pemangku kepentingan diperlukan dalam merestrukturisasi sustainability dari pendidikan Indonesia itu sendiri, dan pentingnya dari peranan pemerintah dalam urgensinya untuk menyetarakan fasilitas dan menstandarisasikannya setara se-Nusantara. Kajian ini merupakan kajian kualitatif dimana melihat peluang yang secara kolaboratif diharapkan membuat karakter siswa Indonesia maju dan menjadi bangsa yang kuat dan berkelanjutan melalui pendidikan. Kata Kunci: Kesetaraan Pendidikan, Pendidikan Berkelanjutan, Strategi Pendidikan

Downloads

Published

2022-10-27

How to Cite

Maspul, K. A. (2022). Reviewing the Education Social Disparities in Indonesia: Sustaining the Future of Education. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8143–8150. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7962