Pengaruh Model Problem Based Instruction terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 122350 Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7852Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (MPBI) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran subtema Organ Gerak Hewan di SD Negeri 122350 Pematang Siantar. Ada dua hipotesis penelitian ini yaitu ada pengaruh model Problem Based Instruction terhadap hasil belajar siswa kelas V di Sd Negeri 122350 Pematang Siantar (Ha) dan tidak ada pengaruh model Problem Based Instruction terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 122350 Pematang Siantar (Ho). Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif jenis eksperimen dengan desain One Group Pretets Posttest Design. Populasi penelitian ini sebanyak 35 orang, yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 122350 Pematang Siantar. Karena jumlah populasi kurang dari 50 orang, maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Instrumen penelitian ini adalah tes pilihan berganda sebanyak 27 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh nila rata-rata Pretest yaitu 68,06 dan nilai rata-rata Posttest mereka yaitu 77,23 ini berarti ada peningkatan hasil belajar siswa sesudah diberi perlakukan dari Model Problem Based Instruction (MPBI). Untuk mengetahui adanya pengaruh Model Problem Based Instruction (MPBI) terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 122350 Pematang Siantar, maka dilakukan uji hipotesis (uji t), dengan nilai taraf signifikansi 0,05 atau rtabel = 1,69 dengan nilai thitung = 8,57, sehingga diperoleh thitung > ttabel. Berdasarkan hasil hipotesis (uji t) tersebut diketahui ada pengaruh penerapan model Problem Based Instruction terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 122350 Pematang Siantar. Maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak.Downloads
Published
2022-10-23
How to Cite
Pakpahan, F. K. ., Purba, N. A. ., & Sianturi, C. L. . (2022). Pengaruh Model Problem Based Instruction terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 122350 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7060–7071. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7852
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Fitri Kristina Pakpahan, Nancy Angelia Purba, Canni Loren Sianturi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).