Manajemen Strategi Dalam Pengembangan Pendidikan Non-Formal
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7831Abstract
Perkembangan teknologi menjadi tuntutan bagi pelaku UMKM. Oleh karena itu, perlu peningkatan kapasitasnya melalui pendidikan nonformal. Pada pelaksanaan pendidikan nonformal terdapat proses perencanaan pendidikan nonformal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses perencanaan pendidikan nonformal. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian, yakni pengelola Rumah BUMN, tutor atau fasilitator rumah BUMN, dan pelaku UMKM. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, serta studi dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yakni pedomanan wawancara yang berkaitan dengan proses perencanaan pendidikan nonformal. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Temuan penelitian terkait dengan proses perencanaan pendidikan nonformal yaitu adanya identifikasi kebutuhan agar program yang dilakasanakan sesuai dengan kebutuhan dan penyeleksian calon warga belajar karena pelaku UMKM memiliki beragam karakteristik sesuai kebutuhan program. Selanjutnya, penentuan program sesuai dengan kebutuhan dan penyiapan tutor untuk menjadi pendidik, penyiapan materi, dan pelatihan bagi para tutor untuk beberapa materi tertentu.Downloads
Published
2022-10-22
How to Cite
Nasution, I. ., Shori, H. R. ., Sinaga, A. H. ., Mtd, N. P. ., Hartina, D. ., Hrp, R. M. ., Sianipar, D. R. ., & Sitepu, I. B. . (2022). Manajemen Strategi Dalam Pengembangan Pendidikan Non-Formal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6987–6995. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7831
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Inom Nasution, Hulga Ryan Shori, Ahmad Hanafi Sinaga, Nadya Putri Mtd, Dwi Hartina, Rosa Marshanda Hrp, Desma Ramadhani Sianipar, Indriyani Boru Sitepu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).