Implementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Oleh Pengawas

Authors

  • Fathia Hanifah Manajemen Pendidikan Islam
  • Lucky Tirta Nurarfiansyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Dian Pratiwi Br. Marpaung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Agung Muhammad Nur Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Dita Oktaviani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Inom Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.13939

Abstract

Dalam melakukan supervisi pendidikan banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah tekhnik mengimplementasikan supervisi pendidikan tersebut. Supervisi dilakukan oleh supervisor/pengawas yang juga memiliki beberapa standar dari beberapa dimensi yang harus dipenuhi. Sesuai dengan tujuannya, supervisi dilakukan untuk mengetahui perkembangan kemampuan keterampilan dan pengetahuan seorang guru baik dari aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif yang dapat mendukung dan meningkatkan kepemimpinan sekolah. Melalui metode penelitian internet researching ini, terdapat dua hambatan dalam melakukan supervisi yaitu hambatan internal yang berasal dari dalam sekolah dan hambatan eksternal yang berasal dari luar sekolah. Tekhnik implementasi supervisi terdapat dua metode yaitu tekhnik individual dam tekhnik kelompok. Serta standar kompetensi supervisor yaitu kompetensi kepribadian, supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan, penelitian dan pengembangan, dan kompetensi sosial. Standar-standar tersebut lah yang harus dipenuhi oleh supervisor sebelum melakukan supervisi terhadap guru.

Downloads

Published

2023-04-23

How to Cite

Hanifah, F., Nurarfiansyah, L. T. ., Marpaung, . D. P. B. ., Nur, A. M. ., Oktaviani, D. ., & Nasution, I. . (2023). Implementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Oleh Pengawas. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 35–43. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.13939

Most read articles by the same author(s)