Implementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Oleh Pengawas
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.13939Abstract
Dalam melakukan supervisi pendidikan banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah tekhnik mengimplementasikan supervisi pendidikan tersebut. Supervisi dilakukan oleh supervisor/pengawas yang juga memiliki beberapa standar dari beberapa dimensi yang harus dipenuhi. Sesuai dengan tujuannya, supervisi dilakukan untuk mengetahui perkembangan kemampuan keterampilan dan pengetahuan seorang guru baik dari aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif yang dapat mendukung dan meningkatkan kepemimpinan sekolah. Melalui metode penelitian internet researching ini, terdapat dua hambatan dalam melakukan supervisi yaitu hambatan internal yang berasal dari dalam sekolah dan hambatan eksternal yang berasal dari luar sekolah. Tekhnik implementasi supervisi terdapat dua metode yaitu tekhnik individual dam tekhnik kelompok. Serta standar kompetensi supervisor yaitu kompetensi kepribadian, supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan, penelitian dan pengembangan, dan kompetensi sosial. Standar-standar tersebut lah yang harus dipenuhi oleh supervisor sebelum melakukan supervisi terhadap guru.Downloads
Published
2023-04-23
How to Cite
Hanifah, F., Nurarfiansyah, L. T. ., Marpaung, . D. P. B. ., Nur, A. M. ., Oktaviani, D. ., & Nasution, I. . (2023). Implementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Oleh Pengawas. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 35–43. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.13939
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Fathia Hanifah, Lucky Tirta Nurarfiansyah, Dian Pratiwi Br. Marpaung, Agung Muhammad Nur, Dita Oktaviani, Inom Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).