Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Sumber Energi Kelas IV SD

Authors

  • Esra Indah Yani Sianturi Universitas HKBP Nommensen
  • Rio Parsaoran Napitupulu Universitas HKBP Nommensen
  • Yanti Arasi Sidabutar Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7756

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 091254 Batu Onom. Manfaat penelitian ini dapat mengembangkan dan menambah wawasan mengenai model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatakan kuantitatif dengan design penelitian quasi eksperimental design tipe  non equivalent control group dsign. Dalam penelitian ini jumlah populasi adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 091254 Batu Onom dan siswa kelas IV SD Negeri 122345 Pematangsiantar dengan jumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sample dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Tahap uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t test. Dalam proses perhitungan menggunakan proses perhitungan menggunakan bantuan program SPSS 25.0 for windows. Berdasarkan hasil uji independen sample  test menunjukkan bahwa nilai taraf signifikan 0,000 < 0,05 dengan thitung  >  ttabel, dimana 9,197  >  2,002 maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh model kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 091254 Batu Onom  pada tema 2 selalu berhemat energi subtema 1 sumber energi pembelajaran 1,2,dan 3.

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Sianturi, E. I. Y. ., Napitupulu, R. P. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Sumber Energi Kelas IV SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6586–6598. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7756

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>