Pelatihan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Keterampilan Guru

Authors

  • Akmal Sutja Universitas Jambi
  • Fellicia Ayu Sekonda Universitas Jambi
  • Rully Andi Yaksa Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7710

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran sebagai proses pendidikan dipengaruhi oleh banyak faktor. Mulai dari guru, siswa, kurikulum, lingkungan sosial, dan lainnya. Namun dari faktor-faktor tersebut, guru dan siswa faktor menjadi terpenting. Berdasarkan analisis situasi Kegiatan ice breaking sangat membantu guru mengkondisikan siswa pada saat gaduh, pada saat siswa tidak siap mengikuti pelajaran, atau pada saat permulaan proses pembelajaran dimulai agar semangat pada saat mengikuti pembelajaran yang berlangsung. Pada kenyataanya siswa kurang semangat pada saat siswa datang ke sekolah. Wajah yang terpancar sangat tidak semangat dan terlihat lelah. Penyebabnya siswa tidak semangat mengikuti pembelajaran karena siswa merasa lelah belajar seharian. Dengan adanya ketrampilan ice breaking pada guru di saat pembelajaran diharapkan dapat membangun suasana belajar yang dinamis penuh semangat dan antusias yang menyenangkan, serius tapi santai dan tidak monoton dalam pembelajaran. Ice breaking ini adalah salah satu solusi untuk menjaga semangat siswa tetap tinggi dalam mengikuti pembelajaran, agar siswa termotivasi dan Kembali berfokus pada pembelajaran. Pelatihan ini dengan memberikan keterampilan dan Teknik ice breaking kepada guru, agar nantinya guru-guru tersebut dapat menerapkannya kepada siswa. Pelatihan ini diberikan kepada 25 orang guru-guru sebagai peserta dengan metode ceramah dan dengan menggunakan simulasi. Dari pelaksanaan pelatihan ini guru-guru bisa mengikuti kegiatan dan mengetahui bentuk-bentuk dari ice breaking.

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Sutja, A. ., Sekonda, F. A. ., & Yaksa, R. A. . (2022). Pelatihan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Keterampilan Guru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6388–6391. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7710

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2