Peran Mahasiswa dalam Menumbuhkan Semangat Membangun Desa (Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa IAI AL-AZIS di Desa Kertanegara)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7671Abstract
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan akademik yang rutin diselenggarakan oleh perguruan tinggi, termasuk Institut Agama Islam Indonesia Az-Zaytun (IAI AL-AZIS) Indramayu. Setelah melalui masa pandemi Covid-19 selama dua tahun, KKN tahun ajaran 2021-2022 dilaksanakan langsung di desa binaan. Dalam KKN mahasiswa akan melihat, mengamati, dan mencoba memahami permasalahan nyata yang dihadapi masyarakat, baik dari aspek pendidikan, ekonomi, maupun kesehatan. Mahasiswa dituntut untuk berpikir kritis dan kreatif dalam membantu masyarakat menumbuhkan semangat membangun diri dan desanya secara mandiri. Usulan program tersebut berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh mahasiswa KKN, yang kemudian mendapatkan persetujuan dan dukungan dari pemerintah desa setempat untuk bersama-sama melaksanakan demi terwujudnya kemajuan, kenyamanan, dan kesejahteraan masyarakat desa. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan mahasiswa KKN kelompok Singasari di desa Kertanegara dari awal KKN sampai dengan berakhirnya kegiatan tersebut berupa penyampaian laporan akhir kegiatan KKN mahasiswa.Downloads
Published
2022-10-22
How to Cite
Dadan Mardani, Iis Susiawati, Randy Akbar Maulana, Anisa Nur Fitria, Sarah Aini Amara Luthfiyah, Wahyudien Eko Prasetiyo, & Ismi Amalina. (2022). Peran Mahasiswa dalam Menumbuhkan Semangat Membangun Desa (Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa IAI AL-AZIS di Desa Kertanegara). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7031–7040. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7671
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dadan Mardani, Iis Susiawati, Randy Akbar Maulana, Anisa Nur Fitria, Sarah Aini Amara Luthfiyah, Wahyudien Eko Prasetiyo, Ismi Amalina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).