The Effect Of Using Lyrics Training Website On The Students’ Listening Skill Of Grade VIII
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7632Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan website pelatihan lirik efektif dalam mengajarkan keterampilan menyimak pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pematang Siantar tahun ajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu. Jumlah populasi adalah siswa kelas VIII-3 dan VIII-4. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 32 siswa dan kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pre-test dan post-test kepada siswa. Peneliti ini menggunakan uji-T untuk menganalisis perbedaan skor antara kelas eksperimen (pengajaran keterampilan Mendengarkan dengan situs web pelatihan lirik) dan kelas kontrol (pengajaran keterampilan mendengarkan tanpa situs web pelatihan lirik). Berdasarkan skor yang diperoleh, peneliti menemukan bahwa = 2,83 > 2.000 pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar keterampilan menyimak pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan website pelatihan lirik efektif untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan.Downloads
Published
2022-10-18
How to Cite
Manurung, M. M. S. ., Purba, R. ., & Munthe, M. V. R. . (2022). The Effect Of Using Lyrics Training Website On The Students’ Listening Skill Of Grade VIII. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5942–5950. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7632
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mitha Mey Shary Manurung, Rudiarman Purba, Melda Veby Ristella Munthe
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).