The Effect Of Using Lyrics Training Website On The Students’ Listening Skill Of Grade VIII

Authors

  • Mitha Mey Shary Manurung University of HKBP Nommensen
  • Rudiarman Purba University of HKBP Nommensen
  • Melda Veby Ristella Munthe University of HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7632

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan website pelatihan lirik efektif dalam mengajarkan keterampilan menyimak pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pematang Siantar tahun ajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu. Jumlah populasi adalah siswa kelas VIII-3 dan VIII-4. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 32 siswa dan kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pre-test dan post-test kepada siswa. Peneliti ini menggunakan uji-T untuk menganalisis perbedaan skor antara kelas eksperimen (pengajaran keterampilan Mendengarkan dengan situs web pelatihan lirik) dan kelas kontrol (pengajaran keterampilan mendengarkan tanpa situs web pelatihan lirik). Berdasarkan skor yang diperoleh, peneliti menemukan bahwa = 2,83 > 2.000 pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar keterampilan menyimak pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan website pelatihan lirik efektif untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan.

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

Manurung, M. M. S. ., Purba, R. ., & Munthe, M. V. R. . (2022). The Effect Of Using Lyrics Training Website On The Students’ Listening Skill Of Grade VIII. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5942–5950. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7632