Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading Composition terhadap Hasil Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7602Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Integrated Reading Coposition dapat meningkatakan hasil membaca pemahaman pada siswa. Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan bentuk Quasi Eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Dari hasil yang telah dihitung hipotesis menggunakan uji-t menunjukan bahwa data yang telah didapatkan yaitu nilai rhitung 52.981> dari rabelnya 0,355. dari hasil data tersebut makah H0 ditolak sedangkan Ha diterima, hipotesisnya didapatkan adalah model cooperative integrated reading composition efektif meningkatkan hasil membaca pemahaman yang didapat dari pemahaman siswa dengan nilai rata-rata awal 67,08 dan rata-rata akhir 78,24 makah hasil belajar siswa meningkat menjadi 11,16%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulan bahwa Pengaruh model cooperative integrated reading composition pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 32 Talang Kelapa dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.Downloads
Published
2022-10-17
How to Cite
Hera, T. ., Prasrihamni, M. ., & Ertiza, A. . (2022). Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading Composition terhadap Hasil Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5826–5832. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7602
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Alyah Ertiza, Treny Hera, Mega Prasrihamni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).