Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading Composition terhadap Hasil Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Treny Hera Universitas PGRI Palembang
  • Mega Prasrihamni Universitas PGRI Palembang
  • Alyah Ertiza [email protected]

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7602

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Integrated Reading Coposition dapat meningkatakan hasil membaca pemahaman pada siswa. Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan bentuk Quasi Eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Dari hasil yang telah dihitung hipotesis menggunakan uji-t menunjukan bahwa data yang telah didapatkan yaitu nilai rhitung 52.981> dari rabelnya 0,355. dari hasil data tersebut makah H0 ditolak sedangkan Ha diterima, hipotesisnya didapatkan adalah model cooperative integrated reading composition efektif meningkatkan hasil membaca pemahaman yang didapat dari pemahaman siswa dengan nilai rata-rata awal 67,08 dan rata-rata akhir 78,24 makah hasil belajar siswa meningkat menjadi 11,16%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulan bahwa Pengaruh model cooperative integrated reading composition pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 32 Talang Kelapa dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2022-10-17

How to Cite

Hera, T. ., Prasrihamni, M. ., & Ertiza, A. . (2022). Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading Composition terhadap Hasil Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5826–5832. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7602