Meningkatkan Self-Efficacy Keputusan Karier Siswa Melalui Layanan Informasi Karier di Kelas VIII SMP Negeri 4 Batang Hari
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7566Abstract
Banyak individu kurang efektif dalam pengambilan keputusan karir yang ditandai dengan tidak mengetahui cara-cara membuat keputusan karir, tidak mengetahui langkah-langkah dalam membuat keputusan karir. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilaksanakan dengan menggunakan teknik Purposive sampling yang melibatkan 32 orang siswa yang di bagi kedalam dua kelompok. Kelompok eksperimen terdiri dari dari 16 orang mendapatkan layanan informasi karir dan kelompok lain yang terdiri dari 16 orang sebagai kelompok kontrol. Self-efficacy keputusan karir siswa pada kelompok eksperimen skor tertinggi pre-test yaitu 12,5%,tinggi 12,5%,sedang 43,74%, redah 12,5%,sangat rendah 18,75%. Sedangkan post-test skor sangat tinggi 12,5%,tinggi 37,5%,sedang 31,25%,rendah 12,5%, sangat rendah 6,25%. Pada kelompok kontrol pre-test 12,5%,tinggi 25%,sedang 37,5%,rendah 12,5%,sangat rendah 12,5%. Post-test tinggi 12,5%, tinggi 25%,sedang 6,25%, rendah 12,5%,sangat rendah 43,75%. Secara keseluruhan selft-efficacy meningkat secara signifikan setelah diberikan layanan informasi karir Sig. (2-tailed) < 0.05 (0,001 <0.05). Sedangkan pada kelompok kontrol didapatkan nilai Sig. (2-tailed) > 0.05 (0,256>0.05.Downloads
Published
2022-10-16
How to Cite
Maisarah, M. (2022). Meningkatkan Self-Efficacy Keputusan Karier Siswa Melalui Layanan Informasi Karier di Kelas VIII SMP Negeri 4 Batang Hari. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5615–5625. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7566
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Maisarah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).