Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Information And Communication Technology

Authors

  • Al Fauzan Amin Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu
  • Furkan Maryedho Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu
  • Iham Robbyansa Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7258

Abstract

Pada era teknologi sekarang ini telah menuntut adanya inovasi dalam pembelajaran, kemajuan teknologi harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pendidik khususnya pendidik agama Islam, Pendayagunaan teknologi dalam proses pembelajaran menjadi keharusan sehingga proses pembelajaran tidak stagnan dan kaku. Salah satu teknologi yang pengaruhnya sangat besar dalam keterkaitannya dengan peningkatan mutu pendidikan dalam inovasi pembelajaran ialah ICT (Information and Communication Technology) atau dalam bahasa indonesia disebut Teknologi Informasi dan Komunikasi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan penyampaian informasi. ICT (Information and Communication Technology) sebagai sebuah sistem dapat dijadikan menjadi model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran yang inovatif. Pendayagunaan atau inovasi pembelajaran pendidikan agama Islam harus segera dilakukan, terutama dalam metode pembelajaran. Internet sebagai media pembelajaran dapat menjadi alternatif metode pembelajaran pendidikan agama Islam, hal ini bisa dalam bentuk e-learning, atau aplikasi-aplikasi yang memudahkan penyampaian materi pembelajaran, sehingga proses pembelajaran semakin menarik dan tidak membosankan.

Downloads

Published

2022-10-05

How to Cite

Amin, A. F. ., Maryedho, F. ., & Robbyansa, I. . (2022). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Information And Communication Technology. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4099–4104. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7258