Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di Era Teknologi Modern
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6952Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru dalam pengelolaan kelas di era teknologi modern. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data meliputi; observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain : observasi, wawancara, serta dokumentasi, dalam analisis data menggunakan interactive model (Miles dan Huberman, dimana proses analisis dilakukan bersamaan dengan proses observasi dan wawancara serta dokumentasi langsung dilakukan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Keterampilan guru dalam pengelolaan kelas di era moderen yaitu; Keterampilan yang bersifat preventif, yakni keterampilan menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal guna menghindari terjadinya situasi yang tidak menguntungkan atau merusak proses belajar mengajar. Dengan mengembangkan keterampilan yang bersifat preventif, guru dapat menggunakan kemampuannya dengan cara: 1) Menunjukkan sikap tanggap. 2) Membagi perhatian. 3) Memusatkan perhatian kelompok. 4) Memberi petunjuk-petunjuk yang jelas. 5) Menegur. 6) Memberi penguatan. Selanjutnya Keterampilan yang bersifat represif, yakni keterampilan yang mengmbalikan kondisi belajar mengajar yang tidak menentu ke dalam kondisi belajar yang efektif. Dengan mengembangkan keterampilan yang bersifat represif, guru dapat menggunakan kemampuannya dengan cara: 1) Modifikasi tingkah laku. 2) Pengelolaan kelompok. 3) Menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah. 4) Peran guru yang mendorong siswa mengembangkan tanggung jawab individu terhadap lingkungan, serta pembentukan tingkah laku sesuai dengan norma yang berlaku.Downloads
Published
2022-09-20
How to Cite
Amin, A. F. ., Yuana, D. N. ., & Pulungan, M. R. . (2022). Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di Era Teknologi Modern. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2329–2333. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6952
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Al Fauzan Amin, Dika Novri Yuana, M. Rezki Pulungan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).