Optimasalisasi Penggunaan TPACK: Praktik TPACK dalam Konteks Mahasiswa Disabilitas

Authors

  • Ika Candra Destiyanti Universitas Islam Al Ihya Kuningan
  • Firda Halawati Universitas Islam Al Ihya Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7248

Abstract

Penggunaan TPACK untuk mahasiswa disabilitas disaat pembelajaran jarak jauh menjadi permasalahan utama riset kualitatif naratif ini. Mahasiswa disabilitas memahami teknologi, pedagogis, dan konten (TPACK) selama pandemi menjadi konteks penelitian yang di lakukan di Universitas selama kurun watu 6 bulan . Temuan menyoroti bagaimana geografi emosi dimensi profesionalisme mahasiswa disabilitas dalam pembelajaran jarak jauh yang berfungsi sebagai "alat mesosistem" yang menghubungkan konteks sekolah dan rumah. Dosen menanggapi positif pembelajaran jarak jauh dengan mengandalkan berbagai sumber untuk mengolah TPACK sedangkan mahasiswa disabilitas menanggapi positif penerapan TPACK dalam konteks pendidikan termasuk pembelajaran multi-modal, motivasi/keterlibatan, penilaian, umpan balik, adaptasi, dan komunikasi sekolah-rumah.

Downloads

Published

2022-10-05

How to Cite

Destiyanti, I. C. ., & Halawati, F. . (2022). Optimasalisasi Penggunaan TPACK: Praktik TPACK dalam Konteks Mahasiswa Disabilitas. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3979–3986. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7248