Pengembangan Teknologi Pembelajaran Tunanetra (Teptun) Berbasis Screan Reader NVDA Pada Mahasiswa Tunanetra

Authors

  • Enung Nur’aisah Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Firda Halawati Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Ika Candra Destiyanti Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7224

Abstract

Teknologi asistif berwujud aplikasi khusus yang aksesibel yang berbasis TIK bagi mahasiswa tunanetra untuk membantu proses pembelajaran Pengembangan Teknologi Pembelajaran Tunanetra (TEPTUN) berbasis screan reader NVDA yang dirancang untuk membantu mahasiswa tunantera dalam mengikuti perkuliahan mulai dari mencari sumber referensi, menyelesaikan tugas akhir (skripsi) agar mahasiswa tunanetra bisa mengikuti perkuliahan seperti mahasiswa lainnya. Penelitian yang akan dilakukan ini mengembangkan desain Research and Development (R&D) dengan cara mengembangkan perangkat lunak berbasis screanreader NVDA. Proses pengembangan teknologi pembelajaran (TEPTUN) berbasis screan reader NVDA untuk mahasiswa tunantera yang akan dirancang dilaksanakan dengan metode RADTE. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil analisis di lapangan aplikasi NVDA ini memiliki beberapa keunggalan diantaranya dapat membaca teks, dapat membaca PDF, dapat merubah suara menggunakan bahasa inggris, indonesia, arab atau lainnya disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa tunananetra dan untuk kecepatan suara juga dapat diatur apakah cepat atau lambat. TEPTUN sebagai sarana untuk menjembatani dosen dengan materi yang dibutuhkan mahasiswa tunanetra dalam mencari referensi dalam proses pembelajaran khususnya tugas akhir atau skripsi berupa jurnal dan bahan ajar yang dikembangkan dan dimiliki oleh dosen

Downloads

Published

2022-10-02

How to Cite

Nur’aisah, . E. ., Halawati, . F., & Destiyanti, I. C. . (2022). Pengembangan Teknologi Pembelajaran Tunanetra (Teptun) Berbasis Screan Reader NVDA Pada Mahasiswa Tunanetra . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3879–3886. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7224