Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA

Authors

  • Ester Ayu Dewi Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Muktar Panjaitan Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Emelda Thesalonika Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7126

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan One Group Pretest-Postest. Variabel bebas dalam penelitian dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar kelas IV. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 095130 Senio Bangun yang berjumlah 19 siswa. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dalam bentuk pilihan ganda dan observasi. Hasil perhitungan uji-t yang telah dilakukan di kelas IV maka didapatkan  memperoleh nilai 7,185 dan adalah 3,272 sehingga hasilnya  yang artinya diterima dan  ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD.

Downloads

Published

2022-09-29

How to Cite

Sihombing, E. A. D. ., Panjaitan, M. ., & Thesalonika, E. . (2022). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3400–3404. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7126