Desain Model Budaya Sekolah Berbasis Nilai Kebangsaan dan Kearifan Lokal dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6948Abstract
Budaya sekolah yang terbangun selama ini hanya sebatas visualisasi simbol-simbol di lingkungan sekolah, sehingga esensi dari budaya sekolah sebagai proses pembentukan karakter masih jauh dari harapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, implementasi dan menemukan model rekomendasi budaya sekolah berbasis nilai kebangsaan dan kearifan lokal dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila. Pentingnya penelitian ini dilakukan karena sekolah memerlukan sebuah model budaya sekolah berbasis nilai kebangsaan dan kearifan lokal dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini telah menghasilkan model rekomendasi model budaya sekolah berbasis nilai kebangsaan dan kearifan lokal dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila. Integrasi nilai-nilai kebangsaan dan kearifan lokal Aceh telah mampu menumbuhkembangkan karakter siswa yang senantiasa berpikir dan bersikap terbuka terhadap kemajemukan dan perbedaan, serta secara aktif berkontribusi pada peningkatan kualitas kehidupan manusia sebagai bagian dari warga Indonesia dan dunia.Downloads
Published
2022-09-20
How to Cite
Siraj, S., Nasrah, . S., Illah, A. ., & Simehate, B. S. . (2022). Desain Model Budaya Sekolah Berbasis Nilai Kebangsaan dan Kearifan Lokal dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2314–2320. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6948
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Siraj, Sayni Nasrah, Atta Illah, Bengi Sara Simehate
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).