Analisis Model Good School Governance pada Sekolah Vokasi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11208Abstract
Tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Aceh berdasarkan lulusan dari universitas sebesar 6,53%, diploma 7,27%, SMK 10,55%, SMA 8,88%, SMP 4,76% dan pengangguran tamatan SD sebesar 2,88%. Studi pendahuluan pada beberapa SMK di Kota Lhokseumawe ditemukan suatu fenomena emperikal dan teorikal yang sistematis terkait manajemen mutu SMK. Orientasi konsensus merupakan prinsip good school governance yang memediasi berbagai kepentingan untuk mencapai konsensus luas tentang apa yang menjadi kepentingan terbaik warga sekolah mengenai kebijakan dan prosedur. Tujuan penelitian ini difokuskan pada upaya menghasilkan gambaran implementasi dan analisis penyelenggaraan pendidikan vokasi yang berorientasi pada konsensus sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas sesuaia dengan kriteria dunia usaha dan industri. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bersifat library research. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah daftar check-list klasifikasi bahan penelitian, skema/peta penulisan dan format catatan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (Content Analysis). Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatkan kinerja SMK didasari pada prinsip pendidikan berbasis konsensus dengan mengotimalkan kepemimpinan, strategi, pelanggan, pengukuran analisis dan manajemen pengetahuan, tenaga kerja, operasi, dan hasil. Kriteria tersebut harus berlandaskan pada visi misi SMK, yang menjadi nilai dan konsep utama arah pengembangan sekolah, sehingga dapat memenuhi bahkan melampaui Standar Nasional Pendidikan.Downloads
Published
2023-01-08
How to Cite
Fajriana, F., Siraj, S., Illah, A. ., & Abnu, M. C. . (2023). Analisis Model Good School Governance pada Sekolah Vokasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1777–1785. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11208
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Fajriana, Siraj, Atta Illah, Muhammad Chairil Abnu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).