Analisis Model Good School Governance pada Sekolah Vokasi

Authors

  • Fajriana Fajriana Universitas Malikussaleh
  • Siraj Siraj Universitas Malikussaleh
  • Atta Illah Universitas Malikussaleh
  • Muhammad Chairil Abnu Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11208

Abstract

Tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Aceh berdasarkan lulusan dari universitas sebesar 6,53%, diploma 7,27%, SMK 10,55%, SMA 8,88%, SMP 4,76% dan pengangguran tamatan SD sebesar 2,88%. Studi pendahuluan pada beberapa SMK di Kota Lhokseumawe ditemukan suatu fenomena emperikal dan teorikal yang sistematis terkait manajemen mutu SMK. Orientasi konsensus merupakan prinsip good school governance yang memediasi berbagai kepentingan untuk mencapai konsensus luas tentang apa yang menjadi kepentingan terbaik warga sekolah mengenai kebijakan dan prosedur.  Tujuan penelitian ini difokuskan pada upaya menghasilkan gambaran implementasi dan analisis penyelenggaraan pendidikan vokasi yang berorientasi pada konsensus sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas sesuaia dengan kriteria dunia usaha dan industri. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bersifat library research. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah daftar check-list klasifikasi bahan penelitian, skema/peta penulisan dan format catatan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (Content Analysis). Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatkan kinerja SMK didasari pada prinsip pendidikan berbasis konsensus dengan mengotimalkan kepemimpinan, strategi, pelanggan, pengukuran analisis dan manajemen pengetahuan, tenaga kerja, operasi, dan hasil. Kriteria tersebut harus berlandaskan pada visi misi SMK, yang menjadi nilai dan konsep utama arah pengembangan sekolah, sehingga dapat memenuhi bahkan melampaui Standar Nasional Pendidikan.

Downloads

Published

2023-01-08

How to Cite

Fajriana, F., Siraj, S., Illah, A. ., & Abnu, M. C. . (2023). Analisis Model Good School Governance pada Sekolah Vokasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1777–1785. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11208