Analisis Permasalahan Pembelajaran Pemdidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Rajeg III
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6707Abstract
Fokus dari penelitian ini adalah Permasalahan Metode Pembelajaran, Sumber Pembelajaran, Media Pembelajaran dan Hasil Nilai yang diteliti adalah Nilai PKn siswa kelas IV di SDN Rajeg III yang diambil dari Rapot. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Permasalahan Pembelajaran PKn dan mendeskripsikan hasil nilai pembelajaran PKn kelas IV di SDN Rajeg III. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi Observasi, Wawancara dan Studi Dokumen. Berdasarkan hasil yang didapatkan peneliti pada saat melihat situasi belajar di kelas IV bahwa metode pembelajaran yang digunakan oleh Guru masih kurang bervariasi sehingga membuat siswa sering kali merasa bosan bahkan mengantuk dan untuk kelas IV di SDN Rajeg III masuk pada pukul 13.00, sehingga sudah seharusnya Guru lebih memperhatikan metode pembelajaran yang digunakan agar kegiatan pembelajaran lebih menarik. lalu sumber pembelajaran hanya berpacu pada buku paket ( buku tematik ) atau guru terlalu fokus pada materi yang ada di buku. Selain itu dalam proses pembelajaran penggunaan media pembelajaran masih sangat dirasa kurang dan hasil nilai siswa pada pembelajaran PKn rata – rata masih belum sesuai bahkan dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).Downloads
Published
2022-09-09
How to Cite
Amelia, S. A. ., Hasan, N. ., & Suhendar, A. . (2022). Analisis Permasalahan Pembelajaran Pemdidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Rajeg III. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 901–904. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6707
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sekar Ayu Amelia, Najib Hasan, Asep Suhendar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).