Analisis Permasalahan Pembelajaran Pemdidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Rajeg III

Authors

  • Sekar Ayu Amelia Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Najib Hasan Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Asep Suhendar Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6707

Abstract

Fokus dari penelitian ini adalah Permasalahan Metode Pembelajaran, Sumber Pembelajaran, Media Pembelajaran dan Hasil Nilai yang diteliti adalah Nilai PKn siswa kelas IV di SDN Rajeg III yang diambil dari Rapot. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Permasalahan Pembelajaran PKn dan mendeskripsikan hasil nilai pembelajaran PKn kelas IV di SDN Rajeg III. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi Observasi, Wawancara dan Studi Dokumen. Berdasarkan hasil yang didapatkan peneliti pada saat melihat situasi belajar di kelas IV bahwa metode pembelajaran yang digunakan oleh Guru masih kurang bervariasi sehingga membuat siswa sering kali merasa bosan bahkan mengantuk dan untuk kelas IV di SDN Rajeg III masuk pada pukul 13.00, sehingga sudah seharusnya Guru lebih memperhatikan metode pembelajaran yang digunakan agar kegiatan pembelajaran lebih menarik. lalu sumber pembelajaran hanya berpacu pada buku paket ( buku tematik ) atau guru terlalu fokus pada materi yang ada di buku. Selain itu dalam proses pembelajaran penggunaan media pembelajaran masih sangat dirasa kurang dan hasil nilai siswa pada pembelajaran PKn rata – rata masih belum sesuai bahkan dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Downloads

Published

2022-09-09

How to Cite

Amelia, S. A. ., Hasan, N. ., & Suhendar, A. . (2022). Analisis Permasalahan Pembelajaran Pemdidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Rajeg III. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 901–904. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6707