Analisis Kesalahan Pelafalan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas V SDN Pondok Makmur

Authors

  • Alviani Saridevita Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Asep Suhendar Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Najib Hasan Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6546

Abstract

Pentingnya bahasa Inggris untuk dipelajari di era globalisasi ini, maka akan lebih baik jika bahasa Inggris diajarkan sejak dini. Makin awal mengenal bahasa asing maka makin mudah untuk mengembangkan kemampuannya. Fokus penelitian ini adalah beberapa siswa yang mengalami kesulitan pelafalan kosakata bahasa Inggris di kelas V SDN Pondok Makmur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan pelafalan kosakata bahasa Inggris siswa kelas V SDN Pondok Makmur. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah jenis metode penelitian analisis deskriptif kualitatif yaitu peneliti akan mendeskripsikan kesulitan pelafalan kosakata bahasa Inggris siswa kelas V SDN Pondok Makmur Kota Tangerang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Siswa menemukan kesulitan pelafalan kosakata dari hasil tes penelitian ini  terdapat kesalahan dari consonan sebanyak 4 kosakata, vowels 3 kosakata, intonation 10 kosakata, dan word stress 27 kosakata. Kesalahan yang paling dominan kesalahan pada word stress, kedua intonation, ketiga consonan, dan terakhir pada vowels.

Downloads

Published

2022-09-02

How to Cite

Saridevita, A. ., Suhendar, A., & Hasan, N. (2022). Analisis Kesalahan Pelafalan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas V SDN Pondok Makmur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 71–77. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6546