Hubungan Orientasi Masa Depan dan Dukungan Sosial Guru dengan Self Regulated Learning Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6302Abstract
Tujuan penelitian untuk menguji secara empiris hubungan antara orientasi masa depan dan dukungan sosial guru dengan self regulated learning, hubungan antara orientasi masa depan dengan self regulated learning, dan hubungan dukungan sosial guru dengan self regulated learning. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif, dengan teknik pengambilan data quota non random sampling. Adapun alat ukur penelitian menggunakan skala self regulated learning, orientasi masa depan dan dukungan sosial guru. Jenis penelitian yang dipilih adalah korelasi atau studi hubungan disebut juga studi korelasional. Hasil penelitian terdapat hubungan antara orientasi masa depan dan self regulated learning dengan hasil sangat signifikan dengan nilai r=0,765 nilai sig. 0,000 < 0,05. Terdapat hubungan antara dukungan sosial guru dan self regulated learning dengan hasil sangat signifikan dengan nilai r=0,576 nilai sig. 0,000 < 0,05. Secara keseluruhan, terdapat hubungan antara orientasi masa depan dan dukungan sosial guru dengan self regulated learning secara simultan dengan hasil sangat signifikan dengan nilai R=0,786 nilai sig. 0,000 < 0,05, sehingga ada faktor lain yang berhubungan dengan self regulated learning sebesar 38,3%. Kesimpulannya, ada hubungan antara orientasi masa depan dan dukungan sosial guru yang sangat signifikan dengan self regulated learning siswa di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dan SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.Downloads
Published
2022-08-24
How to Cite
Nugroho, . A. A. ., Yuzarion, . Y., & Hidayah, N. . (2022). Hubungan Orientasi Masa Depan dan Dukungan Sosial Guru dengan Self Regulated Learning Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5177–5185. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6302
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Anang Amiruddin Nugroho, Yuzarion, Nurul Hidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).