Hubungan Orientasi Masa Depan dan Dukungan Sosial Guru dengan Self Regulated Learning Siswa

Authors

  • Anang Amiruddin Nugroho Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Yuzarion Yuzarion Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Nurul Hidayah Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6302

Abstract

Tujuan penelitian untuk menguji secara empiris hubungan antara orientasi masa depan dan dukungan sosial guru dengan self regulated learning, hubungan antara orientasi masa depan dengan self regulated learning, dan hubungan dukungan sosial guru dengan self regulated learning. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif, dengan teknik pengambilan data quota non random sampling. Adapun alat ukur penelitian menggunakan skala self regulated learning, orientasi masa depan dan dukungan sosial guru. Jenis penelitian yang dipilih adalah korelasi atau studi hubungan disebut juga studi korelasional. Hasil penelitian terdapat hubungan antara orientasi masa depan dan self regulated learning dengan hasil sangat signifikan dengan nilai r=0,765 nilai sig. 0,000 < 0,05. Terdapat hubungan antara dukungan sosial guru dan self regulated learning dengan hasil sangat signifikan dengan nilai r=0,576 nilai sig. 0,000 < 0,05. Secara keseluruhan, terdapat hubungan antara orientasi masa depan dan dukungan sosial guru dengan self regulated learning secara simultan dengan hasil sangat signifikan dengan nilai R=0,786 nilai sig. 0,000 < 0,05, sehingga ada faktor lain yang berhubungan dengan self regulated learning sebesar 38,3%. Kesimpulannya, ada hubungan antara orientasi masa depan dan dukungan sosial guru yang sangat signifikan dengan self regulated learning siswa di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dan SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-08-24

How to Cite

Nugroho, . A. A. ., Yuzarion, . Y., & Hidayah, N. . (2022). Hubungan Orientasi Masa Depan dan Dukungan Sosial Guru dengan Self Regulated Learning Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5177–5185. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6302

Most read articles by the same author(s)