Lingkungan Kerja Memoderasi Pengaruh Self Efficacy dan Kompetensi Profesional terhadap Pengelolaan Kelas di SMP Negeri Kota Pekalongan

Authors

  • Nurlaely Herawati PPS Unisbank Semarang
  • Sunarto Sunarto PPS Unisbank Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6276

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Self Efficacy dan Kompetensi Profesional terhadap Pengelolaan Kelas dengan Moderasi Lingkungan Kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP N 4, 8 dan 13 Kota Pekalongan yang telah memenuhi syarat menjadi guru PNS sebanyak 104 orang. Dimana semua anggota populasi juga menjadi anggota sampel penelitian. Pengukuran menggunakan skala likert sebanyak 7 (tujuh) alternatif jawaban. Instrumen uji yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan model uji yang digunakan adalah uji koefisien determinasi dan uji F (Goodnes of Fit). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (i) Self Efficacy tidak berpengaruh terhadap Pengelolaan Kelas, (ii) Kompetensi Profesional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengelolaan Kelas, (iii) Lingkungan Kerja tidak berpengaruh pada Pengelolaan Kelas, (vi) Lingkungan Kerja memoderasi pengaruh Self Efficacy terhadap Pengelolaan Kelas, dan (vii) Lingkungan Kerja tidak memoderasi pengaruh Kompetensi Profesional terhadap Pengelolaan Kelas.

Downloads

Published

2022-08-23

How to Cite

Herawati, . N. ., & Sunarto, S. (2022). Lingkungan Kerja Memoderasi Pengaruh Self Efficacy dan Kompetensi Profesional terhadap Pengelolaan Kelas di SMP Negeri Kota Pekalongan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5050–5065. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6276