Lingkungan Kerja Memoderasi Pengaruh Self Efficacy dan Kompetensi Profesional terhadap Pengelolaan Kelas di SMP Negeri Kota Pekalongan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6276Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Self Efficacy dan Kompetensi Profesional terhadap Pengelolaan Kelas dengan Moderasi Lingkungan Kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP N 4, 8 dan 13 Kota Pekalongan yang telah memenuhi syarat menjadi guru PNS sebanyak 104 orang. Dimana semua anggota populasi juga menjadi anggota sampel penelitian. Pengukuran menggunakan skala likert sebanyak 7 (tujuh) alternatif jawaban. Instrumen uji yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan model uji yang digunakan adalah uji koefisien determinasi dan uji F (Goodnes of Fit). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (i) Self Efficacy tidak berpengaruh terhadap Pengelolaan Kelas, (ii) Kompetensi Profesional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengelolaan Kelas, (iii) Lingkungan Kerja tidak berpengaruh pada Pengelolaan Kelas, (vi) Lingkungan Kerja memoderasi pengaruh Self Efficacy terhadap Pengelolaan Kelas, dan (vii) Lingkungan Kerja tidak memoderasi pengaruh Kompetensi Profesional terhadap Pengelolaan Kelas.Downloads
Published
2022-08-23
How to Cite
Herawati, . N. ., & Sunarto, S. (2022). Lingkungan Kerja Memoderasi Pengaruh Self Efficacy dan Kompetensi Profesional terhadap Pengelolaan Kelas di SMP Negeri Kota Pekalongan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5050–5065. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6276
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nurlaely Herawati, Sunarto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).