Pengembangan Modul Pencemaran Lingkungan Berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) Di Kelas X IPS SMA Negeri 37 Jakarta

Authors

  • Novalina Novalina Universitas Kristen Indonesia
  • Sunarto Sunarto Universitas Kristen Indonesia
  • Fajar Adinugraha Universitas Kristen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12995

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan modul berbasis pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada materi pencemaran lingkungan sebagai bahan ajar bagi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 37 Jakarta, (2) Mengetahui kelayakan modul berbasis pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada materi pencemaran lingkungan oleh validator ahli sebagai bahan ajar bagi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 37 Jakarta, (3) Mengetahui persepsi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 37 Jakarta terhadap bahan ajar modul berbasis pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D). Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) Cara atau proses pengembangan modul, (2) Modul yang layak diterapkan sebagai bahan ajar. Kelayakan modul dinyatakan sangat valid dan valid yang diperoleh dari skor validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. (3) Hasil persepsi siswa atas modul yang dikembangkan mendapatkan kriteria sangat baik untuk dijadikan bahan ajar biologi. Hasil tingkat persetujuan setiap butir pernyataan terletak pada daerah “sangat setuju”.

Downloads

Published

2023-03-17

How to Cite

Novalina, . N., Sunarto, S., & Adinugraha, F. . (2023). Pengembangan Modul Pencemaran Lingkungan Berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) Di Kelas X IPS SMA Negeri 37 Jakarta . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 933–941. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12995