Pengembangan Modul Pencemaran Lingkungan Berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) Di Kelas X IPS SMA Negeri 37 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12995Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan modul berbasis pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada materi pencemaran lingkungan sebagai bahan ajar bagi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 37 Jakarta, (2) Mengetahui kelayakan modul berbasis pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada materi pencemaran lingkungan oleh validator ahli sebagai bahan ajar bagi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 37 Jakarta, (3) Mengetahui persepsi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 37 Jakarta terhadap bahan ajar modul berbasis pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D). Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) Cara atau proses pengembangan modul, (2) Modul yang layak diterapkan sebagai bahan ajar. Kelayakan modul dinyatakan sangat valid dan valid yang diperoleh dari skor validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. (3) Hasil persepsi siswa atas modul yang dikembangkan mendapatkan kriteria sangat baik untuk dijadikan bahan ajar biologi. Hasil tingkat persetujuan setiap butir pernyataan terletak pada daerah “sangat setuju”.Downloads
Published
2023-03-17
How to Cite
Novalina, . N., Sunarto, S., & Adinugraha, F. . (2023). Pengembangan Modul Pencemaran Lingkungan Berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) Di Kelas X IPS SMA Negeri 37 Jakarta . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 933–941. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12995
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Novalina, Sunarto, Fajar Adinugraha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).