Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6186Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana minat belajar bahasa Arab dan latar belakang pendidikan siswa mempengaruhi hasil belajar. Kenyataannya, beberapa siswa kesulitan belajar bahasa Arab karena latar belakang sekolah menengah pertama (SMP) dan ketidaktertarikan mereka pada pelajaran bahasa Arab.Penelitian ini merupakan bentuk penelitian lapangan dan menggunakan metodologi kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 53 siswa yang dilakukan di Laboratorium Madrasah Aliyah Jambi dengan responden siswa kelas X. Dengan menggunakan pendekatan total sampling, sampel untuk penelitian ini ditentukan. teknik pengumpulan data yang melibatkan kuisioner atau kuisioner. Sedangkan regresi linier berganda digunakan dalam metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Besarnya pengaruh latar belakang pendidikan terhadap hasil belajar bahasa Arab adalah 0,141 dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 sehingga diperoleh nilai Sig. Fakta bahwa latar belakang pendidikan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa di Laboratorium Madrasah Aliyah Jambi ditunjukkan dengan statistik 0,141 0,05 yang berarti tolak H0. (b) Besarnya pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar bahasa Arab sederhana adalah sebesar 0,260 dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 yang diperoleh nilai Sig. Di Laboratorium Madrasah Aliyah Jambi, hasil belajar bahasa Arab siswa dipengaruhi secara signifikan oleh minat belajarnya (p = 0,0260, 0,05; tolak H0). (c) Nilai Fhitung = 1,477 dan taraf signifikansi 0,238 menunjukkan bahwa minat belajar bahasa Arab dan latar belakang pendidikan memiliki pengaruh yang sama terhadap hasil belajar bahasa Arab. Dan karena diketahui bahwa Ftabel = (1; N-2) diperoleh nilai Ftabel = 3,18 dengan mengambil (1; 51) dan menerapkan taraf signifikansi 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Fhitung > Ftabel yang mengarah pada penolakan terhadap H0, dan tingkat signifikansi 0,238 0,05 yang menunjukkan bahwa dalam penelitian ini, latar belakang pendidikan dan tingkat minat belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa arab.Downloads
Published
2022-08-20
How to Cite
Purnamasari, N. ., Mulyadi, M., & Rohiq, M. . (2022). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4530–4534. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6186
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nurlaili Purnamasari, Mulyadi, Muhammad Rohiq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).