Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi

Authors

  • Nurlaili Purnamasari Universitas Jambi
  • Mulyadi Mulyadi Universitas Jambi
  • Muhammad Rohiq Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6186

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana minat belajar bahasa Arab dan latar belakang pendidikan siswa mempengaruhi hasil belajar. Kenyataannya, beberapa siswa kesulitan belajar bahasa Arab karena latar belakang sekolah menengah pertama (SMP) dan ketidaktertarikan mereka pada pelajaran bahasa Arab.Penelitian ini merupakan bentuk penelitian lapangan dan menggunakan metodologi kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 53 siswa yang dilakukan di Laboratorium Madrasah Aliyah Jambi dengan responden siswa kelas X. Dengan menggunakan pendekatan total sampling, sampel untuk penelitian ini ditentukan. teknik pengumpulan data yang melibatkan kuisioner atau kuisioner. Sedangkan regresi linier berganda digunakan dalam metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Besarnya pengaruh latar belakang pendidikan terhadap hasil belajar bahasa Arab adalah 0,141 dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 sehingga diperoleh nilai Sig. Fakta bahwa latar belakang pendidikan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa di Laboratorium Madrasah Aliyah Jambi ditunjukkan dengan statistik 0,141 0,05 yang berarti tolak H0. (b) Besarnya pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar bahasa Arab sederhana adalah sebesar 0,260 dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 yang diperoleh nilai Sig. Di Laboratorium Madrasah Aliyah Jambi, hasil belajar bahasa Arab siswa dipengaruhi secara signifikan oleh minat belajarnya (p = 0,0260, 0,05; tolak H0). (c) Nilai Fhitung = 1,477 dan taraf signifikansi 0,238 menunjukkan bahwa minat belajar bahasa Arab dan latar belakang pendidikan memiliki pengaruh yang sama terhadap hasil belajar bahasa Arab. Dan karena diketahui bahwa Ftabel = (1; N-2) diperoleh nilai Ftabel = 3,18 dengan mengambil (1; 51) dan menerapkan taraf signifikansi 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Fhitung > Ftabel yang mengarah pada penolakan terhadap H0, dan tingkat signifikansi 0,238 0,05 yang menunjukkan bahwa dalam penelitian ini, latar belakang pendidikan dan tingkat minat belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa arab.

Downloads

Published

2022-08-20

How to Cite

Purnamasari, N. ., Mulyadi, M., & Rohiq, M. . (2022). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4530–4534. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6186