Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Studi Lanjut melalui Penerapan Teknik Self Management di Kelas XI IPS 3 SMA N 9 Kota Jambi

Authors

  • Annisa Silvia Wulandari Universitas Jambi
  • Rasimin Rasimin Universitas Jambi
  • Hera Wahyuni Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6139

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seberapa efektif kemampuan perencanaan studi lanjut siswa melalui teknik self management dalam layanan bimbingan kelompok pada siklus1, siklus2, dan siklus3, dan mengungkap seberapa besar peningkatan kemampuan perencanaan studi lanjut siswa dapat dicapai dalam penerapan teknik self management pada siklus1, siklus2, dan siklus3. Jenis penelitian ini adalam penelitian tindakan layanan (PTL). Subjek pada penelitian ini berjumlah 10 siswa kelas XI IPS 3 SMA N 9 Kota Jambi dengan inisial, ZQ, T, RY, RD, RN, DS, RP, CR, MR, dan NB. Penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Untuk melihat proses dari siklus yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara dan didukung oleh kriteria keberhasilan. Hasil penelitian menunjukklan bahwa teknik self management dapat meningkatkan kemampuan perencanaann studi lanjut siswa. Dari tiga siklus yang dilaksanakan, siklus ke-tiga memiliki hasil terbaik yaitu kemampuan perencanaan studi lanjut siswa meningkat mencapai 89% dengan ketepatan pelaksanaan teknik yang dilakukan peneliti berdasarkan penilaian kolaborator sebesar 97% dan rata-rata keaktifan siswa dalam proses penerapan teknik mencapai 2,9 atau 97% berjalan aktif. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi trobosan bagi praktisi Bimbingan dan Konseling untuk mengembangkan ilmu dalam membantu siswa meningkatkan kemampuan perencanaan studi lanjut

Downloads

Published

2022-08-18

How to Cite

Wulandari, . . A. S. ., Rasimin, R., & Wahyuni, H. . (2022). Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Studi Lanjut melalui Penerapan Teknik Self Management di Kelas XI IPS 3 SMA N 9 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4201–4208. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6139