Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Batok untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia 3-4 Tahun

Authors

  • Risella Amelia Silanindah Sella Universitas Pendidikan Indonesia
  • Heri Yusuf Muslihin Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Risbon Sianturi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5817

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional egrang batok untuk perkembangan kemampuan motorik kasar pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 peserta didik kelas B-1 Kober Saluyu Desa Sukakerta Kec.Kertajati Kab.Majalengka (kelas eksperimen) dan 10 peserta didik kelas B-2 Kober Saluyu Desa Sukakerta Kec.Kertajati Kab.Majalengka (kelas kontrol), sehingga keseluruhan sampel berjumlah 20 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes berupa Pre-Test dan Post-Test yang berbentuk indikator skor penilaian kemampuan motorik kasar dengan jumlah 25 indikator. Uji validitas dengan korelasi product moment. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan statistik. Berdasarkan analisis hasil penelitian, menunjukan adanya pengaruh permainan tradisional egrang batok. Sehingga nilai rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen mengalami peningkatan 34.388  lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol.

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Sella, R. A. S., Muslihin, H. Y., & Sianturi, R. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Batok untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2452–2458. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5817