Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar

Authors

  • Asmarani Dwi Universitas PGRI Palembang
  • Nora Surmilasari Universitas PGRI Palembang
  • Arief Kuswidyanarko Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5513

Abstract

Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) merupakan salah satu pembelajaran dimana siswa diajarkan dengan menggunakan konteks dunia nyata sebagai topik pembelajaran dengan tujuan agar siswa aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar sehingga mendapatkan hasil belajar yang baik. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar kelas IV SD Negeri 193 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengikuti ada atau tidak adanya pengaruh model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar di kelas IV SD Negeri 193 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode one group pretest posttest design yang melibatkan 25 siswa sebagai kelas yang akan diuji oleh peneliti. Variabel dalam penelitian ini adalah model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) sebagai variabel bebas atau perlakuan dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa hasilnya adalah terdapat pengaruh model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar di SD Negeri 193 Palembang. Hal ini dapat dilihat dari hasil untuk perhitungan uji-t dimana tt dengan taraf signifikan 5% : tt = 2.060 dan berdasarkan “t” yang diperoleh dalam perhitungan (yaitu t0 = 3.160) adalah lebih besar daripada tt maka hipotesis H0 ditolak. Rata-rata nilai yang di peroleh siswa kelas 1V adalah 83.5.

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Dwi, A. ., Surmilasari, N., & Kuswidyanarko, A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1476–1481. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5513