Analisis Kemampuan Literasi Digital Siswa Kelas V Penerapan Bimbingan Konseling

Authors

  • Indah Suci Zaleha Universitas PGRI Palembang
  • Erfan Ramadhani Universitas PGRI Palembang
  • Aldora Pratama Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5489

Abstract

Masalah penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gambaran kemampuan literasi digital siswa kelas V, mengetahui kemampuan mengakses informasi di internet, mengetahui kemampuan mengelola informasi di internet, mengetahui kemampuan menggunakan informasi yang tersedia di internet. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan deskriftif. Informasi penelitian diperoleh dari informan guru kelas V dan siswa kelas V. pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat mengambil kesimpulan bawasannya kemampuan literasi digital pada siswa kelas V dengan menggunakan informasi melalui media digital berdampak kearah positif. Yang artinya siswa kelas V sudah dikatakan cukup baik dalam mengakses, mengelola dan menggunakan informasi  untuk keperluan pendidikan maupun di kehidupan sehari-hari. Selain itu dalam memanfaatkan informasi di internet siswa kelas V sudah menerapkan dalam pembelajaran disekolah dengan menerima informasi, berkomunikasi dan memanfaatkan untuk menyelesaikan tugas-tugas disekolah. Adapun pendapat dari siswa suatu informasi yang ada di internet sangat bermanfaat mampu memperkaya wawasan digital, pengetahuan dan mendorong siswa untuk mencari informasi melalui berbagai sumber referensi yang tersedia di internet. Dengan demikian hasil dari penelitian kemampuan literasi digital pada siswa kelas V sudah cukup baik dan mengarah ke hal yang positif yang artinya siswa kelas V sudah mampu mengakses, mengelola, dan menggunakan informasi di internet dengan cukup baik.

Downloads

Published

2022-07-21

How to Cite

Indah Suci Zaleha, Ramadhani, E. ., & Pratama, A. . (2022). Analisis Kemampuan Literasi Digital Siswa Kelas V Penerapan Bimbingan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1531–1538. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5489