EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.543Keywords:
Pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR), kemampuan berpikir kritis, siswa SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali efektifitas penggunaan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD. Metode penelitian adalah meta-analisis. Langkah pertama, peneliti merumuskan masalah terlebih dahulu, kemudian mengumpulkan data penelitian yang sudah ada melalui penelusuran jurnal online, repository, dan google scholar atau google cendekia. Data penelitian yang didapatkan berupa 6 artikel dan 1 hasil skripsi yang paling relevan. Peneliti menganalisis hasil penelitian dengan menggunakan metode pembanding kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis, penggunaan pendekatan pendidikan matematika realistic (PMR) efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SD mulai dari yang terendah yang terendah 6,98 % sampai yang tertinggi 46,97 % dengan rata-rata peningkatan sebesar 28,19 %.References
Amalia, F. dkk. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Media Manipulatif Origami. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Vol. 4, No. 8, 1084-1091. Diakses di http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12681/5877
Anugraheni, Indri. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-Analysis Of Problem-Based Learning Models In Increasing Critical Thinking Skills In Elementary Schools]. Jurnal Polyglot, Vol. 14, No. 1, 9-18. Diakses di https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/789
Asih, A. K., Irawan, E. B., & Sa’dijah, C. (2017). Penerapan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Vol. 2, No. 4, 524-530. Diakses di http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8787.
Hastuti, D. (2012). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pokok Bahasan Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Sd Negeri I Purwantoro Tahun Ajaran 2011/2012. Diakses di https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/28665/NjA1MTQ.
Mukaromah, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Kelas IV Melalui Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Pada Pembelajaran Matematika. Diakses di http://eprints.umsida.ac.id/3029/1/223-Mustofiyatul.pdf.
Nababan, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan RME Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 4, No. 2, 1-13. Diakses di http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1.
Suci, D, dkk. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pendekatan Realistik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 3, No. 4, 2042-2049. Diakses di https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/229/pdf.
Trimahesri, I., & Agustina T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model Realistic Mathematics Education. TSCJ, Vol. 2 No. 9, 111-120. Diakses di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/TSCJ/article/view/22272.