EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN CERITA BERGAMBAR ATAU KOMIK BAGI SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.537Keywords:
Efektivitas, cerita bergambar, komik, siswa SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas metode pembelajaran lain dengan metode pembelajaran menggunakan media cerita bergambar bagi siswa di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah meta analisis dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran cerita bergambar bagi siswa sekolah dasar. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menelusuri jurnal melalui Google Cendekia. Kata kunci yang digunakan untuk penelusuran jurnal adalah: efektifitas, media cerita bergambar, komik, siswa SD. Hasil analisis menunjukan bahwa penggunaan media cerita bergambar atau komik untuk siswa sekolah dasar terjadi peningkatan respon siswa mulai dari yang terendah 4,27% hingga yang tertinggi 138,76 % dengan rata-rata sebesar 43,50%.References
Hamalik, Oemar. 1989. Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya.
Shalahiddin, Mahfud. 1986. Media Pendidikan Agama. Bandung : Bina Islam.
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.
Sinta, P. (2016). Efektifitas Penggunaan Media Papan Cerita Bergambar dalam Pembelajaran Berbicara di Kelas II Sdn Mojowuku Kedamean Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, 3(2).https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
/index.php/jurnal-penelitianpgsd/ article/view/15524
Fitri Widya Ningrum, N. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Komik Buta dalam Pembelajaran Menulis Dialog Cerita Siswa Kelas IV Sdn Watudakon I Kesamben Jombang. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3).https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id /index.php/jurnal-penelitianpgsd/ article/view/20023
SETYAWARDANA, D. O. (2014). Efektivitas Penggunaan Media
Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas 5 Sd Negeri 1 Kayen Tahun Pelajaran 2013-2014 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).http://eprints.ums.ac.id/28764/
Tarigan, N. T. (2019). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 2(2). http://www.portaluniversitasquality.ac.i
d:5388/ojssystem/index.php/CURERE/article/view/157
Wicaksono, A. G., Irmade, O., & Jumanto, J. (2018, February). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA KOMIK KOMSA BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SD. In Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017 (Vol. 2). http://pasca.um.ac.id/conferences/index. php/ipa2017/article/view/1125
Hamdalah, A. (2013). Efektivitas media cerita bergambar dan ular tangga dalam pendidikan kesehatan gigi dan mulut siswa SDN 2 Patrang Kabupaten Jember. Journal Promkes, 1, 118-123.
Wijaya, H., Susanti, R., & Sunarti, S. (2015). Efektivitas Media Komik Mengenai Jajanan yang Aman terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa di SDN 032 Samarinda Utara Tahun 2015. https://dspace.umkt.ac.id/handle/463.20 17/486
Khamidah, N. (2017). Penggunaan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education
Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2b). http://103.114.35.30/index.php/pgsd/article/view/1059
Apriyanti, F., & Margiati, K. Y. (2012). Pengaruh pemanfaatan media komik matematika terhadap hasil belajar kelas V SDN 24 pontianak tenggara. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Khatulistiwa, 1(1). http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb
/article/view/450
Ahmat, J. (2013). Penggunaan media komik untuk meningkatkan
keterampilan membaca cerita di kelas V Sekolah Dasar. Jurnal
Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-9.
https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/inde x.php/jurnal-penelitianpgsd/ article/view/3025