EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN CERITA BERGAMBAR ATAU KOMIK BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Syera Trivena Dessiane Universitas Kristen Satya Wacana
  • Nyoto Hardjono Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.537

Keywords:

Efektivitas, cerita bergambar, komik, siswa SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas metode pembelajaran lain dengan metode pembelajaran menggunakan media cerita bergambar bagi siswa di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah meta analisis dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran cerita bergambar bagi siswa sekolah dasar. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menelusuri jurnal melalui Google Cendekia. Kata kunci yang digunakan untuk penelusuran jurnal adalah: efektifitas, media cerita bergambar, komik, siswa SD. Hasil analisis menunjukan bahwa penggunaan media cerita bergambar atau komik untuk siswa sekolah dasar terjadi peningkatan respon siswa mulai dari yang terendah 4,27% hingga yang tertinggi 138,76 % dengan rata-rata sebesar 43,50%.

References

Hamalik, Oemar. 1989. Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya.

Shalahiddin, Mahfud. 1986. Media Pendidikan Agama. Bandung : Bina Islam.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.

Sinta, P. (2016). Efektifitas Penggunaan Media Papan Cerita Bergambar dalam Pembelajaran Berbicara di Kelas II Sdn Mojowuku Kedamean Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan

Guru Sekolah Dasar, 3(2).https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id

/index.php/jurnal-penelitianpgsd/ article/view/15524

Fitri Widya Ningrum, N. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Komik Buta dalam Pembelajaran Menulis Dialog Cerita Siswa Kelas IV Sdn Watudakon I Kesamben Jombang. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3).https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id /index.php/jurnal-penelitianpgsd/ article/view/20023

SETYAWARDANA, D. O. (2014). Efektivitas Penggunaan Media

Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas 5 Sd Negeri 1 Kayen Tahun Pelajaran 2013-2014 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).http://eprints.ums.ac.id/28764/

Tarigan, N. T. (2019). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 2(2). http://www.portaluniversitasquality.ac.i

d:5388/ojssystem/index.php/CURERE/article/view/157

Wicaksono, A. G., Irmade, O., & Jumanto, J. (2018, February). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA KOMIK KOMSA BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SD. In Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017 (Vol. 2). http://pasca.um.ac.id/conferences/index. php/ipa2017/article/view/1125

Hamdalah, A. (2013). Efektivitas media cerita bergambar dan ular tangga dalam pendidikan kesehatan gigi dan mulut siswa SDN 2 Patrang Kabupaten Jember. Journal Promkes, 1, 118-123.

Wijaya, H., Susanti, R., & Sunarti, S. (2015). Efektivitas Media Komik Mengenai Jajanan yang Aman terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa di SDN 032 Samarinda Utara Tahun 2015. https://dspace.umkt.ac.id/handle/463.20 17/486

Khamidah, N. (2017). Penggunaan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education

Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2b). http://103.114.35.30/index.php/pgsd/article/view/1059

Apriyanti, F., & Margiati, K. Y. (2012). Pengaruh pemanfaatan media komik matematika terhadap hasil belajar kelas V SDN 24 pontianak tenggara. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Khatulistiwa, 1(1). http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb

/article/view/450

Ahmat, J. (2013). Penggunaan media komik untuk meningkatkan

keterampilan membaca cerita di kelas V Sekolah Dasar. Jurnal

Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-9.

https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/inde x.php/jurnal-penelitianpgsd/ article/view/3025

Downloads

Published

2020-04-01

How to Cite

Dessiane, S. T., & Hardjono, N. (2020). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN CERITA BERGAMBAR ATAU KOMIK BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 42–46. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.537

Issue

Section

Articles