Meningkatkan Hubungan Sosial Antar Teman Sebaya Dimasa Pandemi Covid-19 Melalui Konseling Kelompok Relita Siswa SMP Negeri 3 Bawang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5382Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang upaya meningkatkan hubungan sosial antar teman sebaya dimasa pandemi covid-19 melalui konseling kelompok dengan pendekatan Realita teknik pengembangan keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) dan dilaksanakan dalam dua siklus. Hal ini dibutuhkan agar dapat melihat perubahan yang di alami siswa dalam hal mengatasi hubungan sosial antar teman sebaya. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket skala psikologis. Teknik analisis data dalam penelitian yang digunakan adalah menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat hubungan sosial antar teman sebaya mengalami kenaikan setelah layanan konseling kelompok dengan pendekatan Realita teknik pengambangan keterampilan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bawang Tahun Ajaran 2021/2022. Proses layanan konseling kelompok pada setiap siklus meningkat,mengenai hubungan sosial antar teman sebaya terbuktikan dengan adanya mean sebelum ada tindakan berupa pemberian layanan konseling kelompok sebesar 81,67 dan sesudah tindakan sebesar 101,67.Downloads
Published
2022-07-14
How to Cite
Edwin Nugroho, Hartanto, D. ., Fauziah, M., & Kuswindarti, . K. (2022). Meningkatkan Hubungan Sosial Antar Teman Sebaya Dimasa Pandemi Covid-19 Melalui Konseling Kelompok Relita Siswa SMP Negeri 3 Bawang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1026–1035. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5382
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Edwin Nugroho, Dody Hartanto, Mufied Fauziah, Kuswindarti Kuswindarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).