Upaya Meningkatkan Teamwork Melalui Bimbingan Kelompok Menggunakan Simulation Games Terhadap Pengurus OSIS SMPN 42 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5381Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji permasalahan teamwork yang ada pada pengurus OSIS SMPN 42 Semarang yang tergolong masih rendah Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian ini dilakukan di SMPN 42 Semarang. Subjek penelitian adalah peserta didik yang tergabung sebagai pengurus OSIS berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar pengumpulan data dan lembar observasi. Data dalam penelitian ini dianalisa menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu diperoleh peningkatan nilai yang signifikan, dengan hasil rata-rata pra siklus 52%, siklus I: 56 %, siklus II: 76%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok metode Game Simulation dalam upaya meningkatkan tingkat kerjasama peserta didik pengurus OSIS SMPN 42 Semarang terdapat adanya peningkatanDownloads
Published
2022-07-14
How to Cite
Widya Putri Pangestika, Hartanto , D. ., Fauziah, M. ., & Kuswindarti, K. (2022). Upaya Meningkatkan Teamwork Melalui Bimbingan Kelompok Menggunakan Simulation Games Terhadap Pengurus OSIS SMPN 42 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1017–1025. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5381
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Widya Putri Pangestika, Dody Hartanto , Mufied Fauziah, Kuswindarti Kuswindarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).