Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5345Abstract
Materi pelajaran matematika SD, umumnya berkaitan dengan permasalahan kehidupan sehari-hari. Sehingga sangat tepat sasaran pencapaian kompetensi siswa dalam penguasaan pemecahan masalah. Sudah menjadi tanggung jawab gurulah untuk mencapai kompetensi tersebut, yaitu dengan membiasakan siswa melakukan pembelajaran yang mengarah pada aktivitas pemecahan masalah. Untuk itu perlu penerapan pembelajaran yang mendukung terjadinya hal tersebut dan berpotensi student centere. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah model problem based learning. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SD kelas V meningkat dengan menerapkan model pembelajaran problem base learning. Pengaruh model PBL dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dengan disain penelitian tindakan kelas yang dilakukan kepada 20 sample siswa kelas V SD. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor kemampuan pemecahan masalah matematis meningkat disetiap siklusnya, dengan perolehan total 37 pada prasiklus, meningkat menjadi 114 di siklus I, dan meningkat signifikan di siklus II menjadi 167. Kriteria kemampuan pemecahan masalah memenuhi kriteria sangat baik untuk indikator Memahami masalah, merencanakan penyelesaian, dan menjelaskan/memeriksa kebenaran jawaban yang diperoleh. Selain itu, indikator melaksanakan rencana mamanuhi indikator baik.Jumlah kelulusan siswa meningkat dari siklus I yang hanya 7 orang, meningkat menjadi 18 orang pada akhir siklus II.Downloads
Published
2022-07-12
How to Cite
Sukmawarti, S., Hidayat, H., & Liliani, O. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 886–894. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5345
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sukmawarti Sukmawarti, Hidayat Hidayat, Oca Liliani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).