Strategi Guru Agama dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Sesuai Hukum Tajwid Siswa Kelas VI MI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5282Abstract
kemampuan baca tulis al-qur’an. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Informan penelitian ini adalah guru serta siswa kelas VI MI yang bersangkutan. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa strategi guru dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-qur’an yaitu guru mempersiapkannya dengan menyusun perencanaan yang berupa menentukan tujuan yang akan dicapai, memilih pendekatan, menetapkan prosedur, memilih metode serta menentukan indikator keberhasilan agar langkah yang dilakukan guru jelas dan sesuai dengan arah tujuan yang diharapkan. Faktor yang mendukung strategi guru agama dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-qur’an siswa kelas VI MI yaitu siswa sudah memiliki kemampuan membaca al-qur’an, lingkungan keluarga yang juga mengajarkan anak baca tulis al-qur’an, guru agama yang kompeten, sarana dan prasarana sekolah yang memadai, serta kemauan dari siswa untuk belajar. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran dan perhatian orang tua terhadap perkembangan anaknya serta kurangnya motivasi dan minat dari siswa untuk mempelajari al-qur’an. Untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut guru selalu memberikan motivasi kepada peserta didik dan kerja sama dengan orang tua tetap dilakukan.Downloads
Published
2022-07-07
How to Cite
Syaifullah, . M. ., Tahria, F. ., Yasir, M. ., Fadillah, N. ., & Nurhalizah, S. . (2022). Strategi Guru Agama dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Sesuai Hukum Tajwid Siswa Kelas VI MI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 544–552. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5282
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Syaifullah, Fani Tahria, Muhammad Yasir, Nurul Fadillah, Siti Nurhalizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









