Pendidikan Sejarah Serta Problematika yang Dihadapi di Masa Kini
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4992Abstract
Pendidikan merupakan sebuah komponen kehidupan yang paling penting. Sejak manusia mulai berintekrasi dengan yang namanya aktivitas pendidikan, sejak itu pula manusia berhasil merealisasikan berbagai macam perkembangan dan kemajuan dalam segala hal kehidupan mereka. Secara umum proses pendidikan pun mengalami kemajuan yang sangat pesat, baik itu dalam bentuk metode maupun target yang akan dicapai. Sedangkan pemerintah Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan pemerintah terus berupaya dalam melakukan berbagai perubahan dalam bidang pendidikan, Tulisan ini mengelaborasi pendidikan sejarah dan permasalahannya di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penulis mengumpulkan data dari jurnal, buku, dan media online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa permasalahan dalam pendidikan sejarah di Indonesia. Permasalahan tersebut diantaranya: (1) Kurikulum pendidikan selalu berubah, (2) materi pelajaran sedikit, (3) materi dalam mata pelajaran sejarah dianggap membosankan. Sedangkan solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengadakan inovasi pembelajaran sejarah. Inovasi yang dapat ditawarkan berupa pemanfaatan media pembelajaran dan metode studi wisataDownloads
Published
2022-06-27
How to Cite
Sagala, S. M. ., Heriadi , M. ., Ababiel, R. ., & Nasution, T. . (2022). Pendidikan Sejarah Serta Problematika yang Dihadapi di Masa Kini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1918–1925. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4992
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sutan Muda Sagala, M. Heriadi , Reno Ababiel, Toni Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).